“SPOTLIGHT”

 

ss

Sebuah film yang diangkat dari kisah nyata tentang bagaimana tim jurnalis investigasi bekerja dalam mengungkap kasus pelecehan seksual anak oleh pastor di Boston, Amerika Serikat. Kisah ini berawal dari ruang rapat redaksi yang dipimpin oleh Marty Baron (pemimpin redaksi yang baru di surat kabar The Boston Globe), dalam rapatnya tersebut ia membahas mengenai kasus Geoghan. Baron menilai bahwa kasus tersebut tidak diselidiki dengan baik dan ingin menyelidiki kembali kasus pelecehan seksual anak yang dilakukan oleh pastor di Boston. Baron mendapat informasi bahwa Mitch Garabedian (pengacara para korban) mempunyai dokumen yang menyatakan bahwa Kardinal Law (pemimpin keuskupan di Boston kala itu) mengetahui kasus tersebut dan membiarkannya. Kemudian ia meminta kepada tim spotlight (rubrik investigasi dalam harian tersebut) untuk menyelidiki kasus tersebut. Spotlight dipimpin oleh editor Walter Robinson “Robby” dan memiliki tiga orang jurnalis Mike Rezendes, Sacha Pfeiffer dan Matt Carroll. Tim spotlight ini melakukan pekerjaan secara rahasia, sampai rekan sekantor mereka tidak boleh ada yang mengetahuinya selain tim spotlight.

 

Bagaimana jurnalisme investigasi bekerja? Dan bagaimana tim spotlight menyelesaikan kasus dalam film tersebut?

Jurnalisme investigasi bekerja, mula-mula seorang wartawan investigasi adalah wartawan yang tidak menerima mentah-mentah pernyataan dari sumber-sumber resmi dan dituntut untuk melakukan riset yang mendalam. Serta tidak kenal lelah untuk mengejar sumber-sumber penting, tekun merekontruksi suatu kejahatan.

Sementara itu, dalam menyelidiki kasus ini langkah awal yang dilakukan Baron adalah mengajukan mosi agar dokumen kasus Geoghan dibuka, sementara tim spotlight yaitu Matt mencari dan mengumpulkan arsip terkait dengan kasus tersebut. Lalu Sacha dan Robby menemui Eric Macleish (pengacara para korban dalam kasus porter) untuk mencari tahu informasi tentang kasus Geoghan. Sedangkan Mike menemui pengacara Garabedian. Dalam pertemuan awal Garabedian masih belum mau membuka suara terkait kasus Geoghan, ia bahkakan mengusir Mike keluar dari kantornya.

Setelah itu, tim spotlight mendapatkan arsip yang dicarinya terkait kasus. Dari hasil temuannya itu, tim menemukan ada organisasi korban SNAP (survivor network of those abused by priests)  atau jaringan korban selamat dari pelecehan pastor yang mempunyai 10 anggota. Lalu, tim menemui para korban dari anggota SNAP diantaranya Phil Saviano untuk memintai keterangan atas kasus yang menimpanya. Menurut keterangan, terdapat 13 anggota pastor yang mencabuli anak kecil. Selanjutnya Mike kembali menemui Garabedian untuk meminta bantuan, agar ia bisa berbicara dengan korban lainnya. Setelah pertemuan keduanya dengan Garabedian, Mike berhasil menemui korban lainnya yaitu Patrick. Bersamaan dengan itu Sacha juga menemui satu korban lainnya yaitu Joe. Dari keterangan Joe dan Patrick tim spotlight mendapat penjelasan mendalam mengenai kejadian pelecehan yang menimpa mereka.

Narasumber selanjutnya yang ingin berbagi cerita adalah Richard Sipe, seseorang yang bekerja di salah satu pusat rehabilitasi gereja di Baltimore. Ia bekerja selama 5 tahun, 30 tahun setelahnya Sipe melakukan penelitian terhadap pastor-pastor cabul dan para korban. Menurutnya, pastor memilih korbannya bukan karena menyukainya tapi karena situasi. Keterangan dari Sipe ada 6% atau sekitar 90 dari semua pastor yang melakukan pencabulan. fakta ini menimbulkan budaya kerahasiaan, menolerir bahkan melindungi pelaku pedofil. Dia sudah memberitahu ke publik, namun pihak gereja langsung membungkamnya, memfitnah, dan mengeluarkan pernyataan publik oleh uskup penting.

Langkah selanjutnya, tim spotlight mulai mencari nama-nama pastor yang disebut Saviano. Setelah itu mereka menemui Macleish dan mendapat pernyataan bahwa pengacara korban tidak pernah mengajukan gugatan ke pengadilan. Semuanya diselesaikan secara kekeluargaan, karena setiap korban menandatangani perjanjian untuk merahasiakan penyelesaiannya. Lalu pengacara mendapat sepertiganya dan gereja menyembunyikan kasus tersebut.

Kemudian tim spotlight mulai mencocokan nama-nama pastur yang ada dibuku. Setelah itu, tim melakukan rapat kecil mengenai temuan-temuan mereka selama ini. Kemudian dievaluasi oleh Baron yang ingin memfokuskan kasus ini kepada lembaga kegiatan dan kebijakannya bukan kepada pastornya. Tunjukan bagaimana gereja memainkan sistemnya, agar para pastor itu tidak digugat. Bagaimana mereka menempatkan pastor yang sama ke berbagai paroki secara berulang-ulang.

This slideshow requires JavaScript.

 

Selanjutnya tim spotlight mulai mencari pastor yang terlibat, hingga akhirnya Sacha tiba di rumah Ronald Paquin pastor dari gereja St. John the Baptist di Haverhill. Dari Paquin, tim spotlight mendapat keterangan bias. Paquin membenarkan tindakan pencabulan yang dilakukannya. Namun ia menceritakan tidak pernah memperkosa siapa pun, melainkan diperkosa.

Di persidangan Mike bertemu dengan Garabedian, dari keterangannya Mike mendapat temuan bahwa dokumen yang dicarinya tidak ada di Boston melainkan di Florida. Lalu Mike ke Florida untuk mencari dokumen-dokumen tersebut, dari temuannya ia mendapatkan fakta dan ada bukti lain berupa surat yang menjelaskan bahwa Law mengetahui kasus Geoghan dari dulu. Setelah semua bukti sudah didapat, berita masih belum bisa diterbitkan sebelum ada konfirmasi dari pihak gereja. Saat itu Robby menemui Jim Sullivan (pengacara dari pihak gereja pada saat itu) . Ia membawa beberapa nama-nama pastor yang terlibat untuk dikonfirmasi.

Apa dampak dari investigasi?

Dalam film spotlight dampaknya adalah terungkap bahwa sistem di gereja yang membiarkan para pedofil. Orang-orang yang dirugikan atas kasus tersebut mulai terbuka, masyarakat yang tidak mengetahui fakta dari kasus tersebut menjadi tahu bahwa ada puluhan pastor di Baston yang melakukan pelecehan seksual. Setelah berita itu diterbitkan banyak kasus pencabulan yang terungkap.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rikha Rusmayanti

1151003051

Leave a comment